ARTIKEL
Home | Artikel | Cerita Si Kecil | Ini Dia Asal Mula Sate, Makanan Khas Indonesia
Ini Dia Asal Mula Sate, Makanan Khas Indonesia
1 December 2019

Siapa yang tak kenal sate dengan makanan sate, asli Indonesia yang sudah mendunia ini? Teman-teman pasti sudah tau dan sudah pernah mencoba sate bukan? Mulai dari sate ayam, sate kambing, sate sapi, sate burung dan jenis sate yang lainnya. Nah, kenyataannya sate memiliki sejarah yang cukup panjang, loh. Mau tau bagaimana sejarahnya? Yuk, kalau begitu ambil Tini Wini Biti rasa sate kamu agar semakin komplit saat menyimak asal muasal sate, makanan yang banyak dicintai oleh masyarakat Indonesia ini.

1. Sate Muncul Pada Abad ke-19

Diperkirakan sate muncul pada abad ke 19 yang di populerkan oleh pedagang yang berasal dari Arab, gujarad India, dan pedagang Muslim yang datang ke pulau Jawa. Awalnya masyarakat Indonesia terbiasa memasak daging dengan cara direbus, namun setelah pedagang Timur Tengah datang ke Indonesia dan memperkenalkan kebab, masyarakat Indonesia jadi menyukai rasa daging sapi atau kambing yang diolah dengan cara dibakar.

2. Sate Berasal dari Bahasa Tamil Yaitu Catai

Ternyata, kata sate berasal dari bahasa Tamil, yaitu Catai yang artinya adalah daging, teman-teman. Meskipun asal usul sate terinspirasi oleh daging kebab, namun sate dikembangkan oleh orang Indonesia asli sehingga menjadikan makanan ini 100 persen milik Nusantara. Wow!

3. Ada Banyak Jenis Sate di Indonesia

Selain mendapatkan gelar makanan terlezat di dunia oleh oleh World’s 50 most delicious foods. Sate di Indonesia memiliki banyak sekali jenisnya teman-teman. Seperti di daerah Madura dimana sate terbuat dari ayam atau kambing yang disajikan dengan bumbu kecap. Lalu ada juga sate Padang, menggunakan lidah sapi yang dibakar dan disiram dengan bumbu kuah kuning bercita rasa kari. Sate Ponorogo, terbuat dari daging ayam dipotong secara memanjang kemudian disajikan dengan bumbu kacang. Sate di Jakarta disebut dengan sate taichan, daging olahan ayam tanpa kecap dengan bumbu sambal. Dan berbagai jenis sate lainnya yang masih menyebar diseluruh Nusantara.

Wah, cita rasa sate yang lezat ini memang menggoda lidah untuk menikmatinya ya. Kalau kamu suka sate apa nih?

Share –
Twitter
Facebook
Google+
http://tiniwinibiti.id/cerita-si-kecil/ini-dia-asal-mula-sate-makanan-khas-indonesia">
Belum ada artikel terkait