ARTIKEL
Home | Artikel | Cerita Moms | “Even Geniuses Work Hard” Mengenalkan Anak Semangat Daya Juang
“Even Geniuses Work Hard” Mengenalkan Anak Semangat Daya Juang
19 October 2018

“Even Geniuses Work Hard” istilah ini dikenalkan melalui penelitian dari Carol Dweck mengenai growth mindset. Growth mindset sendiri merupakan pola pikir individu bahwa dirinya mampu berkembang sehebat apapun jika disertai usaha yang keras. Mindset ini penting karena menjadi dasar pada anak untuk selalu bekerja keras pada semua mimpinya.

Menjadi dilema tersendiri pada setiap orang tua untuk menentukan sikap tegas pada anaknya. Ada dampak positif dan negatif akan kerasnya cara didik orang tua terhadap anak. Namun hal yang paling mendasar untuk dapat tetap membuat anak bahagia namun dapat tetap disiplin untuk mengejar impiannya adalah memiliki Growth Mindset.

Ada berbagai cara untuk menumbuhkan Growth Mindset terhadap anak. Pertama, adalah mengajarkan anak untuk berani mengambil resiko. Penting bagi orang tua untuk mendorong anaknya selalu berani mengambil tindakan dengan segala resikonya. Sehingga sesulit apapun tantangannya, anak akan terbiasa berjuang untuk tujuannya sendiri.

Selama perjalanan hidup anak pasti akan mengalami baik kesuksesan atau kegagalan. Disinilah peran penting orang tua dan juga tenaga pendidik di sekolah. Penting untuk menjelaskan bahwa kegagalan bukan berarti sebuah kemunduran melainkan kemajuan dengan sudut pandang hasil yang berbeda. Sehingga anak tidak akan mudah menyerah setelah gagal dan mampu persisten meraih tujuannya.

Selain hal di atas, penting untuk menjelaskan pada anak pentingnya sebuah proses. Hal ini merupakan hal utama pada kondisi Growth Mindset dimana meyakini individu mampu terus menerus untuk memperbaiki dirinya. Pemahaman akan sebuah proses akan mengajarkan anak untuk terus menerus melakukan perbaikan dalam dirinya. Selain itu belajar dari kegagalan dan berproses mengajarkan anak untuk berhati-hati dalam mengambil tindakan.

Hal ini juga akan mengajarkan anak untuk selalu mengevaluasi dirinya dan memaksa anak untuk disiplin agar tujuannya dapat tercapai. Growth Mindset akan mengarahkan anak untuk memiliki pola pikir yang maju. Mengajarkan anak untuk menyukai proses pembelajaran dan daya tahan diri dalam menghadapi tantangan. Mari ajarkan anak menjadi pribadi yang memiliki growth mindset sehingga mampu menghadapi tantangan di masa depan lebih baik.

Sumber : Dweck, C. S. (2010). Even geniuses work hard. Educational Leadership, 68(1), 16-20.

Share –
Twitter
Facebook
Google+
https://tiniwinibiti.id/cerita-moms/even-geniuses-work-hard-mengenalkan-anak-semangat-daya-juang">
Lihat
Lihat
Lihat