ARTIKEL
Home | Artikel | Cerita Moms | Mendidik Anak di Era Digitalisasi
Mendidik Anak di Era Digitalisasi
19 October 2018

Menggali dan mengarahkan potensi anak telah menjadi tugas utama setiap orang tua. Perkembangan teknologi saat ini memberikan tantangan tersendiri bagi orang tua jaman ini. Lalu bagaimana cara orang tua dalam menjaga dan mendidik anak di era digitalisasi?

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak zaman sekarang akan sangat berdekatan dengan gadget. Tahukah Moms gadget bisa menjadi senjata makan tuan apabila tidak dikelola secara baik. Di sinilah, peran orang tua harus semakin aktif dan dekat dalam berdiskusi dengan buah hatinya.

Gadget memang memberikan berbagai manfaat positif. Dengan berkembangnya media yang mempermudah anak dalam mendapatkan informasi mengharuskan orang tua untuk mengawasi dan selalu berdiskusi dalam membedakan konten positif dan negatif. Metode edukasi yang melibatkan teknologi seperti penggunaan internet atau gadget memang mempermudah anak dalam mengakses informasi yang terbatas dan mengarahkan terhadap daya kreatifitas dan berpikir yang tinggi.

Namun perlu kita akui, bahwa anak masih memiliki pengalaman dan pemahaman akan nilai yang belum matang. Tanpa adanya fondasi nilai dan diskusi dari pihak lebih dewasa, akan menyebabkan penyerapan dan interpretasi informasi yang tidak baik. Hal ini tentu saja sangat dihindari para orang tua. Di era digitalisasi, komunikasi menjadi faktor penting dalam mendukung perkembangan anak.

Ada beberapa hal yang menjadi hal utama dalam membatasi penggunaan gadget anak. Dilansir dari ibudigital,com ada lima hal penting dalam mengelola penggunaan gadget anak. Penting untuk mengenalkan perkembangan teknologi terhadap anak. Namun perlu dipahami bahwa hal ini tidak baik jika menjadi suatu rutinitas. Selain itu orang tua juga harus secara tegas memberikan aturan batasan penggunaan gadget ini.

Akibat gadget anak saat ini cenderung tidak suka bermain yang menggunakan aktivitas fisik. Disinilah orang tua harus senantiasa mendorong kegiatan motorik anak. Bantu mereka untuk mulai berpikir akan prioritas yang ada seperti mengerjakan pekerjaan rumah, bersosialisasi dan membantu orang tua dirumah.

Lalu dengan adanya gadget menyebabkan jangkauan informasi yang didapatkan anak menjadi tidak terbatas. Orang tua disini harus secara rutin memantau dan membatasi jenis informasi yang bisa diakses oleh anaknya. Tidak lupa selalu berdiskusi dengan anak menjadi kunci penting dalam menjaga dan mendidik perkembangan anak, Tidak lain lagi tumbuh menjadi anak yang berkarakter di era meluapnya informasi.

 

Sumber:

Communicating with Children – UNICEF (2011)

Bagaimana Mendidik anak di Era Digital

 

Share –
Twitter
Facebook
Google+
https://tiniwinibiti.id/cerita-moms/mendidik-anak-di-era-digitalisasi">
Belum ada artikel terkait